Laman

Selasa, 03 Mei 2011

ANALISIS SWOT PT. GARUDA INDONESIA

Atribut organisasi (kondisi internal) dapat dipandang sebagai strength maupun weakness tergantung dampak terhadap tujuan organisasi. Sesuatu hal yang dinyatakan sebagai strength untuk tujuan tertentu dapat menjadi weakness untuk tujuan yang lain. Faktor-faktor eksternal meliputi kondisi makro ekonomi, perubahan teknologi, sosio-kultural, dan tidak ketinggalan iklim kompetisi. Beberapa contoh masing-masing analisis yang digunakan PT. Garuda Indonesia dalam menganalisis performasi adalah sebagai berikut
1.      Strength (Kekuatan)
-  Kapabilitas
- Keunggulan kompetitif
- Nilai jual unik
- Sumber daya, aset, manusia
Pengalaman, pengetahuan, data
2.      Weakness (Kelemahan)
-  Reputasi dan merk
-  Kondisi finansial
-  Reliabilitas data
-  Ketangguhan rantai suplai
-  Moral, komitmen, dan kepemimpinan
3.      Opportunity (Peluang)
-  Pengembangan pasar
-  Tren gaya hidup
-  Inovasi teknologi
-  Lokasi geografis
-  Pengembangan produk dan unit bisnis
4.      Threat (Ancaman)
-  Dampak politik dan kebijakan
- Dampak lingkungan
-  Permintaan pasar
-  Kehilangan staf ahli
-  Musim dan faktor cuaca

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar